Breaking News

SMA Tarabintang; Rp 1 Miliar

Doloksanggul (SIB)Pembangunan USB (Unit Sekolah Baru) bertujuan untuk memenuhi kekurangan sarana dan prasarana dalam rangka perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh kesempatan belajar.

Selain itu juga untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan USB serta meningkatkan kesadaran rasa memiliki. Pembangunan USB di Humbang Hasundutan (Humbahas) harus tetap diupayakan demi mewujudkan misi Humbahas 2005-2010, dimana sektor pendidikan menjadi prioritas utama.

Hal itu diungkapkan Kadis Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Humbahas St Drs Donver Panggabean MSi kepada SIB, Rabu (8/2) di ruang kerjanya usai meninjau lokasi pembangunan gedung SMAN I Tarabintang berbiaya Rp 1 miliar lebih. Donver Panggabean juga memaparkan bahwa peletakan batu pertama dilaksanakan 21 Juli 2005 lalu oleh Sarlandy Hutabarat SH saat menjabat Bupati Humbang Hasundutan dengan biaya pembangunan Rp 750.000.000 bersumber dari dana APBN melalui dana dekonsentrasi yang dikelola oleh satuan kerja Dinas Pendidikan Propinsi Sumut dan Rp 400 juta dari APBD Kabupaten Humbang Hasundutan.

Maka dana pembangunan keseluruhan USB SMAN I Tarabintang sebesar Rp 1.150.000.000. Peletakan batu pertama juga disaksikan Kapolres Humbahas AKBP GP Hutajulu SH, Kadis Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Drs Donver Panggabean, Kadis Pertanian Ir Djatipan Manullang MM, Kadis Kesehatan dr Pangihutan Simatupang M.Kes, Camat Tarabintang RF Marbun, Camat Parlilitan Drs Lamhot Hutasoit, Camat Pakkat Drs Erikson Siagian, Ketua Darma Wanita Humbahas Ny Jonner Hutagaol Br Tambunan dan instansi lainnya dengan Pelaksana Teknis Birma Sinaga SE.

Seluruh dana tersebut diperuntukkan untuk membangun ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, ruang kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta ruang guru, ruang tata usaha, kamar mandi siswa, gudang, tembok dan mobilier. Dasar pendirian USB SMAN I Tarabintang berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumut nomor 421.3/2329/PMU/2004 tentang penetapan nama dan lokasi pemberian subsidi pembangunan 3 (tiga) USB SMAN dengan sistem blockgrant. Salah satu pembangunan USB SMA itu adalah di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sesuai dengan konsep USB SMA, tahun ajaran 2005/2006 SMAN I Tarabintang telah memiliki siswa sebanyak 45 orang. Dan untuk sementara waktu, siswa belajar di SD Negeri 173498 Sahombu Kecamatan Tarabintang dengan tenaga pengajar diberdayakan dari SMPN I Tarabintang dan SMAN terdekat.

Sesuai dengan catatan, tahun 2005 sudah ada pembangunan 7 (tujuh) USB yaitu USB SMPN 4 Doloksanggul, SMPN 5 Pakkat, SMAN I Paranginan, SMAN I Tarabintang, SMKN I Pollung, Program study Mekanik dan Pertanian, SMKN I Parlilitan program study Mekanik dan Rotan serta USB SMKN 2 Pakkat jurusan Komputer dan Perkayuan. Sesuai dengan hasil pemeriksaan tim monitoring dari Propinsi bahwa pembangunan SMAN I Paranginan juara I se-Sumut.

Paparan Donver Panggabean saat Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) baru-baru ini di Balai Pertemuan Doloksanggul bahwa visi Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Humbahas demi mewujudkan “Huta Mas” adalah mewujudkan pendidikan bermutu dan profesional. (RHS/v)
Selanjutnya