Breaking News

PERUMAHANPerumnas Sumut BangunHunian PNS Humbahas

Impian pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumut untuk memiliki rumah sendiri kini terwujud, setelah Perum Perumnas Cabang Sumut I bekerja sama dengan Pemkab Humbahas merampungkan pembangunan 100 unit rumah di lokasi Bukit Gurgur Indah Huta Gurgur, Dolok Sanggul.

Manajer Perum Perumnas Cabang Sumut I Drs Kosben Purba kepada Suara Karya di Medan, Sabtu (6/8), mengatakan, seratus unit rumah yang akan dibangun di Bukit Gurgur Indah merupakan pembangunan tahap pertama di atas lahan seluas 10 hentare.

"Ini merupakan perwujudan dari program pemerintah dalam Gerakan Nasional Pengembangan satu juta rumah, sekaligus membantu para PNS yang belum memiliki rumah di Humbang Hasundutan," kata Kosben.

Didampingi Asisten Manajer Penjualan M Jafar S.Sos, Asisten Administrasi & Keuangan Gurning Hasugian dan Asisten Produksi Mochtar Pasaribu, Kosben mengatakan, pembangunan rumah di Bukit Gurgur Indah di Dolok Sanggul dilatarbelakangi masih banyaknya PNS di lingkungan Pemkab Humbahas yang belum memiliki rumah. Padahal sebagian dari PNS berasal dari luar daerah, karena kabupaten ini baru terbentuk, hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara.

"Pembangunan Perumnas Bukit Gurgur Indah kita harapkan menjadi embrio pengembangan kota Dolok Sanggul secara terencana dan terpadu ke depan. Kita harapkan juga dengan tersedianya rumah di sana akan meningkatkan produktivitas kerja PNS sehingga mutu pelayanan kepada masyarakat juga akan semakin baik," kata Kosben.

Rumah yang dibangun Perum Perumnas di Bukit Gusgur Indah meliputi tipe D 36/135 (mawar) dengan harga jual (standar) Rp 39,5 juta dan tipe D 29/120 (melati) Rp 31,9 juta. Menurut Kosben, harga tersebut masih di bawah standar harga RS (rumah sederhana) Sehat yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 42 juta.

Setiap PNS dapat memiliki rumah melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari Bank Tabungan Negara (BTN) dengan subsidi bunga dari pemerintah yang relatif ringan. PNS juga berhak atas bantuan uang muka dari Taperum (Bapertarum PNS).
Selanjutnya