Breaking News

Ketua MUI Humbahas H AN Sihite

Bupati: Kemerdekaan Hasil Perjuangan Bangsa Dengan Pengorbanan yang Sangat Berat

Aug 19, 2006 at 09:43 AM
Doloksanggul (SIB)

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 RI yang dipusatkan di Lapangan Merdeka
Doloksanggul Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) berlangsung meriah dengan inspektur upacara Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Kamis (17/8). Bupati dalam sambutannya mengatakan, kemerdekaan yang diraih bukanlah hadiah atau pemberian bangsa lain tetapi merupakan hasil perjuangan bangsa selama beratus-ratus tahun dengan pengorbanan yang sangat berat yang dialami para pejuang terdahulu.

Bahkan darah dan air mata tumpah membasahi bumi persada, tubuh rebah telentang berkalang tanah dan nyawa meregang melayang meninggalkan raga adalah bukti Dharma Bakti anak negeri demi kedaulatan ibu pertiwi. Cita-cita luhur dan perjuangan bangsa Indonesia telah direstui oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga enam puluh satu tahun yang lalu dideklarasikan Proklamasi kemerdekaan RI tepatnya tanggal 17 Agustus 1945.

Momentum yang sangat heroik tersebut merupakan titik kulminasi sejarah perjuangan bangsa selama beratus-ratus tahun dengan pengorbanan yang sungguh-sungguh berat tiada tara. Sebagai bangsa yang merdeka telah bebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan dan sebagai bangsa yang berdaulat, negara telah memiliki pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia serta mendapat pengakuan luas dari negera-negara lain di dunia.

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Humbahas Drs M Manullang, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE, Kapolres AKBP GP Hutajulu SH, Ketua MUI Humbahas H AN Sihite, Ketua LADN Humbahas TN Nainggolan, Ketua DPD KNPI Humbahas Drs Binsar Purba dan ribuan masyarakat Kabupaten Humbahas.

Sebelumnya, dalam rangka memeriahkan HUT ke-61 RI berbagai kegiatan telah dilaksanakan dengan ketua panitia Poster Sianturi SH dan sekretaris Drs SDV Sihombing MM. Kegiatan tersebut antara lain perlombaan tor-tor Batak “marsitumba” tingkat SD, lomba puisi tingkat SMP dan perlombaan sepakbola tingkat SLTA, perlombaan marching band, lomba kebersihan lingkungan, perlombaan pelunasan pembayaran PBB dan kegiatan lainnya. Dalam pertandingan sepakbola final tingkat SLTA antara kesebelasan SMKN 1 Doloksanggul melawan kesebelasan SMAN 1 Paranginan dilaksanakan tepat hari HUT ke-61 RI yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Doloksanggul. Dalam pertandingan sepakbola yang disaksikan ribuan pengunjung itu, SMAN 1 Paranginan keluar sebagai juara I setelah menaklukkan kesebelasan SMKN 1 Doloksanggul dengan skor 3:2.

Dalam rangka HUT ke-3 Kabupaten Humbahas tepatnya Jumat 28 Juli 2006 lalu, Pemkab Humbahas juga mengadakan perlombaan karya tulis bagi wartawan yang wilayah peliputannya di Humbahas. Dimana hasil penilaian diumumkan bertepatan HUT ke-61 RI. Sesuai dengan hasil penilaian juri, wartawan SIB Rukmunal H Siregar SH berhasil memperoleh juara I dengan judul karya tulis “Dari Visi Menuju Bona Pasogit yang Indah dan Sejahtera Hingga Mewujudkan Huta Mas”.

Kemudian disusul juara II Rusman Sihombing (Mimbar Umum) sedangkan juara III Hotlen Samosir (Harian Perjuangan). Atas prestasi meraih juara I lomba karya tulis, dimana tulisan tersebut dipandang mampu memotivasi semua pihak maka Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing memberikan piagam penghargaan nomor 222/Infokom/2006.