Breaking News

Provinsi Tabagsel

Elemen Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan Gagas Provinsi Tabagsel

Medan, (Analisa)

Sejumlah tokoh dan elemen masyarakat asal Tapanuli Bagian Selatan (Tapsel, Madina, dan Padangsidimpuan) sepakat menggagas, merencanakan, dan memperjuangkan terbentuknya Provinsi Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan).

Kesepakatan pembentukan Provinsi Tabagsel itu diambil dalam rapat yang digelar Rabu (3/5) sore di Hotel Grand Angkasa Internasional, Medan.

Elemen masyarakat Tapsel yang hadir saat itu di antaranya H Banuaran Ritonga (asal Kecamatan Dolok), H Rahmad P Hasibuan (Barumun), H Hamdani Harahap SH Mhum (Kecamatan Halongonan), Drs Usman Hasibuan (Kecamatan Simangambat), Ali Rachman Nasution (Kecamatan Panyabungan Selatan), Marahhalim Simamora SE (Padangbolak Julu).

Selanjutnya Kamsir Aritonang SE Ak (Sipirok), Suheri Harahap (Padangsidimpuan Barat), Drs Pangihutan Nasution SH (Barumun Tengah), Safaruddin Siregar (Simangambat), dan Arifin Saleh Siregar (Padangsidimpuan).

"Ini bukan mau ikut-ikutan, ini juga bukan latah-latahan. Tapi mengingat potensi wilayah, baik dari segi SDM maupun SDA-nya, Tabagsel sudah pantas dijadikan sebagai satu provinsi. Jadi, kita semua sepakat memperjuangkan ini," ujar Banuaran Ritonga, yang juga anggota DPRD Sumut.

Pertemuan itu juga menyepakati terbentuknya Tim 9 yang diketuai Banuaran Ritonga, Wakil Ketua Rahmad P Hasibuan, Sekretaris Hamdani Harahap, dan anggota lainnya diisi dari peserta pertemuan itu.

Tim 9 ini sifatnya sementara dan tugasnya antara lain memfasilitasi pertemuan tokoh-tokoh dan elemen masyarakat Tabagsel dalam forum yang lebih besar.

"Pertemuan yang lebih besar itu akan digelar dalam waktu dekat. Kita akan undang tokoh dan elemen masyarakat Tabagsel. Di sana akan kita matangkan rencana ini sekaligus menyusun kepanitiaan pembentukan Provinsi Tabagsel," lanjut Rahmad Hasibuan.

Ali Rachman Nasution dari Mandailing Natal mengatakan potensi daerah Tabagsel tidak bisa disepelekan. Apalagi mengingat kekayaan alam yang dimilikinya.

"Jadi, gagasan ini adalah langkah serius. Jadi, kita harapkan semua elemen masyarakat yang ada di Tapsel, Madina dan Sidimpuan ikut mendukung," katanya.

Usman Hasibuan menambahkan, segala yang berkaitan dengan rencana pembentukan Propinsi Tabagsel ini sedang dan akan dipersiapkan.

"Kita juga nantinya akan membentuk tim yang beranggotakan para pakar dan akademisi asal Tabagsel untuk melakukan kajian ilmiah soal rencana ini. Rencana pembentukan Propinisi Tabagsel ini tetap bertujuan untuk pemerataan dan peningkatan pembangunan serta mendekatkan pelayanan," katanya. (sug)


Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini