Breaking News

Onan Ganjang Bangkit

Jamur Tiram akan Dikembangkan di Kecamatan Onanganjang Humbahas

Jan 24, 2007 at 08:17 AM
Doloksanggul (SIB)
Tanaman Jamur Tiram akan dikembangkan di Kecamatan Onanganjang Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) mengingat tanaman ini masih jarang diusahai masyarakat. Pembibitan dan pengembangan jamur tiram akan diuji coba di Kecamatan Onanganjang Kabupaten Humbahas oleh beberapa sarjana yang sudah berpengalaman dalam pengembangan jamur tersebut.

Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Wakil Bupati Drs Marganti Manullang, Kapolres Humbahas AKBP GP Hutajulu SH, Plt Sekdakab Martuaman Silalahi SH, Asisten II Poster Sianturi SH meninjau lokasi ujicoba pembibitan dan pengembangan jamur tiram tersebut di Kecamatan Onanganjang, Kamis (18/1) lalu. Turut juga hadir dalam peninjauan Camat Onanganjang Drs JH Manullang, Kabag Kesra Drs SDV Sihombing MM, Kakan Tibun Mangupar Manullang, Kabag Pembangunan Drs Oberlin Lumbantobing, Kabag Infokom Osborn Siahaan BA serta Humas Alfonsius Tinambunan SE serta rombongan lainnya.

Menurut petugas, ujicoba pembibitan jamur tiram di Onanganjang Siharma Sitinjak SP didampingi Hetbin Marbun bahan utama yang akan dimanfaatkan untuk pembibitan jamur tiram tersebut yaitu serbuk gergaji dan dedak. Biaya untuk uji coba dan pengembangan jamur tiram tersebut cukup murah dan pembudidayaannya sangat sederhana.

Dikatakan, dalam ujicoba dan pengembangan jamur tiram itu dibutuhkan lokasi yang steril sehingga jamur tiram tersebut dapat tumbuh dengan baik. Lamanya jamur tiram sampai panen memakan waktu 90 hari atau sekitar 3 bulan yaitu dimulai dari inokulasi bibit (permulaan di laboratorium). Setelah diolah di laboratorium akan dipindahkan ke polibeg menunggu tumbuh dengan baik.

Drs Maddin Sihombing mengharapkan agar uji coba pengembangan jamur tiram ini dapat dilaksanakan dengan baik agar menghasilkan jamur dengan bagus sehingga nantinya akan menambah pendapatan warga Onanganjang. Tidak tertutup kemungkinan akan dapat dikembangkan di kecamatan lainnya di Kabupaten Humbang Hasundutan.