Breaking News

Wow, Korut akan Uji Coba Nuklir ke-5

HUMBAHAS TIMES -- Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan Korea Utara bersiap-siap untuk tidak memperdulikan sanksi internasional dengan melakukan percobaan nuklir yang ke-5.

Yonhap mengatakan hari Minggu kantor berita itu mengetahui dari berbagai sumber dalam pemerintah bahwa kegiatan di lokasi percobaan nuklir Punggye-ri, Korea Utara, “telah meningkat dua-hingga-tiga kali lipat belakangan ini.”  Para pejabat yang tidak disebut namanya yakin truk-truk yang kelihatan keluar-masuk lokasi itu kemungkinan membawa para teknisi nuklir.

Keprihatinan bahwa Pyongyang akan segera melakukan lagi percobaan nuklir timbul, sementara rejim itu bersiap-siap mengadakan rapat yang jarang Partai Pekerja yang berkuasa awal Mei.  Pemimpin Kim Jong Un diperkirakan akan menggunakan kongres itu untuk menyatakan lagi klaim baru-baru ini  kemajuan  dalam program misil balistik dan nuklir Korea Utara, termasuk pembuatan hulu-ledak nuklir yang diperkecil supaya cocok dipasang pada misil balistik jarak-jauh.

Belum ada dari klaim ini yang sudah diperiksa kebenarannya, dan banyak pengamat telah menuduh Korea Utara membesar-besarkan  kemampuan dan kecanggihan militernya.(voa)