Breaking News

Humbahas Lumbung Calon Atlet Lempar Lembing

HUMBAHASTIMES -- Pelatih lempar lembing Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara, Nuhasim menilai atlet lempar lembing didominasi oleh atlet dari kabupaten.
Satu kabupaten yang menjadi sumber atlet lempar lembing ialah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Sebagai contoh saat ini saja ada seorang atlet yang baru daftar ke PPLP. Postur tubuh atlet kategori remaja itu 180 cm jadi sangat cocok untuk nomor lomba lembar lembing.

"Ya kami harapkan atlet lempar lembing ini berasal dari daerah-daerah. Karena postur tubuh mereka lebih ideal. Postur tubuh mereka lebih besar jadi lebih bagus,"katanya saat diwawancarai di PPLP Sumut, Jalan Sekolah Pembangunan nomor 7A, Sunggal, Kamis (28/7/2016).

Menurutnya, ke depannya atlet-atlet berhasil dijaring dari daerah itu bisa dilatih dan menjadi lebih baik lagi. Bahkan ia menargetkan, atlet yang berasal dari daerah dengan postur tubuh yang tinggi besar bisa menjadi atlet nasional.

Dengan posri badan yang tinggi dan besar tersebut ia yakini bisa mengimbangi saingan terberat atletik dari Provinsi Jawa Timur. Namun dengan porsi latihan yang sama dengan provinsi tersebut maka bisa imbang bahkan lebih unggul.

Menurutnya untuk nomor lomba lempar lembing biasanya didominasi oleh Provinsi Sumatera Utara, Papua, dan Riau. Lalu sesekali bisa muncul juara baru seperti Provunsi Sulawesi Selatan.

"Tapi intinya, Sumut pada tahun-tahun sebelumnya selalu masuk dalam peringkat tiga besar. Kalau tidak lempar lembing yang menjadi juara maka biasanya dari nomor lomba tolak peluru. Kadang ganti-gantian juara," katanya. (tribun medan)