Breaking News

Ngeri, Teknologi Antariksa Masuki Revolusi Silikon II Pengaruhi Keamanan dan Bisnis

ilustrasi
HUMBAHASTIMES -- Kita boleh berterima kasih pada perlombaan menuju satelit Bumi, Bulan pada masa 1950-an dan 60-an. Sebab, perlombaan itu melahirkan teknologi dasar untuk telepon seluler modern, komputer, dan GPS.

Dengan kehadiran industri luar angkasa baru di cakrawala, dan dengan pembicaraan operasi militer di ruang angkasa, mungkin dunia akan segera menyaksikan revolusi teknologi lain hadir di tengah-tengah masyarakat.

Catatan baru-baru ini kepada klien dari Morgan Stanley diduga mengatakan bahwa ruang angkasa dapat menciptakan potensi ekonomi senilai 1 triliun dolar AS. Dalam sebuah langkah yang dapat membantu mendorong sebagian kemajuan teknologi itu, Presiden AS Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk menciptakan Angkatan Angkasa sebagai cabang keenam dari angkatan bersenjata mereka.

Perkembangan ini dapat memiliki implikasi luas bagi keamanan global dan ekonomi global. Untuk lebih memahami situasi dan bagaimana situasi itu berkembang, wartawan The Epoch Times mewawancarai Robert J. Bunker, seorang profesor yang juga anggota peneliti di Institut Kajian Strategis Universitas, Akademi Perang, Angkatan Darat AS.

Presiden AS, Donald Trump mengatakan ingin membentuk Space Force (angkatan antariksa) ketika menemui pasukan AS di Miramar Marine Corp Air Station di San Diego, California, pada 13 Maret 2018. (Sandy Huffaker/Getty Images/The Epoch Times)

Tanya jawab dengan Robert J. Bunker, Profesor dari US Army War College;

The Epoch Times: Kita telah melihat beberapa perkembangan menarik akhir-akhir ini dalam program perang antariksa dengan masalah seperti keamanan satelit dan GPS. Bahkan ada diskusi publik tentang efek domino potensial dari serangan senjata anti-satelit. Bagaimana pandangan Anda tentang lingkungan keamanan ruang angkasa? Bagaimana Anda melihat antariksa menjadi bagian dari peperangan masa depan?

Robert J. Bunker: Ketika antariksa menjadi semakin termiliterisasi-senjata nuklir/WMD [Senjata Pemusnah Massal], yang dilarang dalam Pasal IV dari Perjanjian Luar Angkasa, yang mulai berlaku pada 10 Oktober 1967-saya melihatnya akan berubah menjadi kompetisi senjata, terutama antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Rusia menjadi semakin tidak berarti mengingat kondisi ekonominya yang suram.

Ruang angkasa adalah, dan akan menjadi bagian integral dari peperangan masa depan. Ini adalah tempat fisik tertinggi. Satelit adalah kunci untuk ISR militer nasional [intelijen, pengawasan, dan pengintaian], dan ruang tembak yang presisi [melalui GPS]. Jika, atau lebih mungkin, kapan ISR dan kapabilitas presisi ini dikombinasikan dengan persenjataan perang konvensional yang ditempatkan di ruang angkasa, kapal perang utama [kapal induk] bisa terlibat dengan persenjataan hipersonik, “Rods from God (Tongkat dari ‘Tuhan’)”, dengan waktu keterlibatan minimal. Ini hanyalah salah satu contoh potensi kekuatan luar angkasa yang akan mempengaruhi pertempuran darat.

The Epoch Times: Persaingan ruang angkasa kemungkinan akan memiliki manfaat langsung bagi perekonomian. Kita melihat ini dalam revolusi silikon, dan sekarang ada perkiraan bahwa program ruang angkasa baru dapat menciptakan potensi ekonomi hingga 1 triliun dolar AS. Kita dapat berasumsi akan ada persaingan di bidang ini, yang kemungkinan akan mencakup teknologi militer dan ekonomi ganda, dan mungkin teknologi baru yang dapat mengubah cara hidup kita. Bagaimana Anda melihat situasi ini bermain keluar, terutama ketika menyangkut masalah bahwa banyak teknologi kemungkinan akan berperan ganda, berguna bagi militer dan ekonomi?

Bunker: Kita berada dalam dunia yang terbalik, yang terkait dengan teknologi komersial dan militer, dengan begitu banyak lagi penelitian R & D [Research and Development/penelitian dan pengembangan] yang kini masuk ke teknologi komersial. Lebih banyak kekhawatiran, kadang-kadang, ada tentang chip cutting generation yang diproduksi di Amerika Serikat tidak meninggalkan negara itu, daripada bentuk teknologi militer yang kurang canggih berakhir di tangan yang salah.

Apa yang dilakukan oleh Google dan perusahaan teknologi tinggi lainnya dengan AI dan pengenalan wajah, untuk tujuan komersial juga memiliki aplikasi militer dan ruang militer langsung. Jadi, di ujung teknologi tinggi, ini menjadi kemampuan yang kabur.

Juga, mengingat apa yang telah kita lihat dengan Tiongkok, mereka telah jauh lebih bersedia mengekspor drone senjata mereka secara internasional untuk mendapatkan uang tunai dan untuk memupuk pengaruh asing. Jika Amerika Serikat tidak mengekspor beberapa teknologi ruang angkasa ini ke sekutu dekatnya di masa depan, mereka (sekutu AS) mungkin mulai semakin melirik Tiongkok untuk tempat membeli senjata semacam itu.

The Epoch Times: Kita dapat mengasumsikan bahwa penciptaan program luar angkasa militer akan mengarah pada penciptaan secara bersamaan jenis senjata baru yang dirancang untuk ruang angkasa, seperti laser atau senapan rel, dan peningkatan fokus pada peperangan elektronik, perkembangan drone, jenis baru pendorong, dan lainnya. Bagaimana Anda melihat teknologi ini mempengaruhi sifat konflik militer dan persaingan?

Bunker: Saya membayangkan setidaknya empat jenis pendekatan ofensif untuk pertempuran ruang angkasa: satu, pembunuhan kinetik yang berasal dari senjata dan rudal konvensional dan hipersonik [5x speed of sound/kecepatan suara]; dua, energi diarahkan memanfaatkan balok, misalnya termal, atau pulsa, seperti senjata elektromagnetik (EMP); tiga, serangan cyber untuk mengambil alih aset-aset luar angkasa seperti satelit, dan empat, penangkapan fisik aset ruang angkasa.

Dalam banyak hal, ini akan meniru pertempuran terestrial teknologi tinggi, yang akan semakin bergantung pada teknologi Strategi Offset Ketiga seperti kecerdasan buatan (AI), data besar, dan jaringan, sistem tak berawak dan robotik, mengarahkan persenjataan dan perisai energi, dan maju diam-diam.

The Epoch Times: Apakah ada perkembangan lain yang ingin Anda komentari?

Bunker: Dalam waktu dekat, Space Force (atau Corps) akan menyerupai Angkatan Udara AS dengan pesawat tempur khusus. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lebih lama, mereka akan mulai terlihat lebih seperti Angkatan Laut AS dengan ‘kapal selam’.

Seperti pesawat yang mengorbit, yang akan berfungsi sebagai stasiun ruang angkasa bersenjata stasioner dan/atau platform senjata bergerak. Namun, penggunaan sistem ruang angkasa tak berawak, dengan manusia di dalam dan di loop, akan memburamkan garis di antara perbedaan-perbedaan semacam itu. (Joshua Philipp/The Epoch Times/waa) (sumber)