Breaking News

Tobasa: Qasidah Batak

Festival Qasidah Etnik Batak Perkokoh Kerukunan Umat Beragama

Wednesday, 20 September 2006

Tobasa, Sumut, ( Berita ) : Pagelaran Festival Qasidah Etnik Batak Se Bona Pasogit diyakini akan semakin memperkokoh dan meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Sumatera Utara.

Bupati Toba Samosir (Tobasa), Monang Sitorus, pada pembukaan festival di Tobasa, belum lama ini, mengatakan pelaksaan festival merupakan salah satu wadah toleransi antar umat beragama di daerahnya.

"Pemkab Tobasa merespon positif pelaksanaan kegiatan ini. Keluarga saya juga banyak yang Muslim, sehingga toleransi antara umat beragama di keluarga besar kami sendiri pun sudah terjaga sejak lama," ujarnya.

Festival Qasidah Etnik Batak Se Bona Pasogit itu sendiri melibatkan empat kabupaten di Sumut, masing-masing Kabupaten Tobasa, Samosir, Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Festival tersebut dibuka Ketua Umum Qasidah Nasional Ny.Ning Sudi Silalahi seyogianya akan membuka langsung festival itu, namun akhirnya hanya diwakili Wakil Ketua Baringin Simamora.

Ketua Panitia, Sahala Pardede juga menyatakan festival qasidah versi etnik Batak itu diprakarsai untuk memperkokoh dan meningkatkan toleransi beragama di Bona Pasogit.

Sementara itu, Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengemukakan bahwa Pemkab Samosir sangat mendukung pelaksanaan kegiatan serupa. "Kalau bisa jangan hanya di Tobasa, kami juga siap menjadi tuan rumah," katanya.

Tokoh Masyarakat Tobasa, Pahala Napitupulu, menilai toleransi antara umat beragama sangat penting dipertahankan dan terus diperkokoh. "Bila tolernasi tetap kokoh, tentunya pintu bagi pihak yang ingin mengadu domba dan memecah-belah akan tertutup rapat," katanya. ( ant )


Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini