Breaking News

Samaritans Purse: Terlarang

Mensos Larang Samaritans Purse Beroperasi Di Sumut
Medan, WASPADA Online

Menteri Sosial H Bachtiar Chamsyah menginstruksikan agar LSM Samaritans Purse tidak lagi beroperasi di Sumut. Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPP Partai Bintang Reformasi H Raden Muhammad Syafi'i didampingi Sekretaris Fraksi PBR DPRDSU kepada wartawan di ruang FPBR DPRDSU, Senin (2/10).
"Informasi ini saya dapat Sabtu (30/9), ketika bertemu dengan Dirjen Binsos Drs H Gazali Husni Situmorang Apt, MSi," kata Raden. Tosim yang ada di sebelahnya kemudian mencoba menghubungi kembali Dirjen Binsos, namun tidak berhasil tersambung.

Menurut Raden, kegiatan Samaritans Purse sudah sampai ke telinga Mensos. "Samaritans Purse nantinya cuma boleh beroperasi di NTT." Dirjen Binsos, kata Raden, mengakui menolak secara utuh kehadiran Samaritans Purse tidak etis karena merupakan LSM internasional.

Raden mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai bantuan sosial yang diberikan LSM asing. "Bantuan LSM asing sebenarnya sudah tidak murni lagi untuk kemanusiaan. Sudah ada misi terselubung yang ingin mengganti akidah seseorang."

Kesatuan bangsa, kata Raden, menjadi kunci utama untuk menjaga kerukunan dan harmonisasi. "Di sini, bukti nyata peran Kesbang Linmas tidak berfungsi. Kepala Kesbang Linmas tidak berfungsi dengan benar serta mengancam keutuhan bangsa."

Menurut Raden, Kepala Kesbang Linmas tidak memberikan reaksi apa pun kehadiran LSM asing seperti Samaritans Purse. Sedangkan Gubsu Rudolf M Pardede ketika dikonfirmasi tentang instruksi Menteri Sosial mengatakan akan mempelajarinya. "Pemprovsu sebenarnya patuh saja dengan pemerintah pusat."

Rudolf mengatakan, Samaritans Purse merupakan LSM asing yang berskala internasional. Sekarang ini, Samaritans Purse membangun 1.500 gedung. "Jika mereka keluar, ini akan tersebar luas di dunia." Rudolf mengatakan, jika Samaritans Purse dilarang beroperasi di Sumut, maka secara otomatis keluar dari Nias. "Kita masih butuh dengan Samaritans Purse," kata Rudolf.

Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini