Breaking News

Mengenal Misil Penghancur Pesawat Oerlikon Skyshield MK II Milik TNI

HUMBAHAS TIMES -- Pasukan TNI AU Lanud Supadio mendapat 4 unit alutsista baru bernama Oerlikon Skyshield MK II, buatan Swiss. Selasa kemarin, kapal pengangkut senjata itu bersandar di Pelabuhan Dwikora Pontianak.Kecanggihan senjata itu dapat memonitor serangan dan menghancurkan pesawat musuh.

Dandenhanud 473 Paskhas Lanud Supadio, Komandan Detasemen Anang Baskoro menjelaskan alutsista baru ini bernama Oerlikon Skyshield MK II dari Rheinmetall Air Defence Swiss.

“Sebelumnnya Makassar dan Jakarta telah menerima senjata yang sama. Masing-masing 4 unit. Pontianak Kota ke tiga, sehingga total alutsista baru yang dimiliki TNI AU 12 unit,” ucapnya ketika menjelaskan kecanggihan senjata itu kepada beberapa awak media.Ia menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat Kalbar kecipratan senjata canggih ini. Pertama, wilayah Kalbar merupakan perbatasan dengan negara tetangga. Kemudian Bandara Lanud Supadio sekarang ini juga telah berubah status dari tipe B, menjadi tipe A. Ke tiga adanya wacana untuk membuat Pangkalan Lanud Supadio menjadi pangkalan induk juga menjadi prioritas utama dengan menambah peralatan tempur canggih.   (more)