Breaking News

#Pilgubsu2018: Untuk Pertama Kali dalam #Sejarah, #Sumut Dipimpin Marga #Ginting #EdyRahmayadi #Eramas

ilustrasi
HUMBAHASTIMES -- Kemenangan pasangan Eramas #Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, versi hitung sementara (QQC), di pemilihan gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu2018) menorehkan sejarah baru Sumatera Utara.

Untuk pertama kali dalam sejarah, Sumatera Utara akan dipimpin oleh seorang gubernur bermarga Ginting.

Edy Rahmayadi yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkostrad sudah ditabalkan dengan Marga Ginting dan diterima sebagai anak/ayah Karo.

Istrinya yang boru Lubis juga ditabalkan marga boru Girsang. (baca selanjutnya)

Sementara itu Musa Rajekshah, wakil gubernur terpilih versi quick count, juga ditabalkan marga Sembiring dan istrinya boru Barus. (baca)

Khusus untuk Ijeck, masyarakat Mandailing juga menabalkan marga Lubis untuknya dan marga boru Pulungan untuk istrinya. (baca)

Bila dilihat dari daftar gubernur, ini menjadi yang pertama gubernur dijabat oleh marga Ginting karena sebelumnya sudah pernah dijabat marga Nasution, Lumban Tobing, Lubis, Sitepu, Telaumbanua, Harahap, Tambunan, Siregar, Pardede dan Silaban (Syamsul Arifin Silaban).

Yang unik gubernur sebelumnya Tengku Erry Nuradi ditabalkan beberapa marga, di antaranya Purba Dasuha (Simalungun) dan Nasution, Siregar, Hasibuan (Mandailing).

Bupati Sergai pertama hasil pemilihan langsung adalah putera asli Serdang Tengku Erry Nuradi yang oleh tokoh masyarakat adat Baja Linggei sudah ditabalkan menjadi warga Simalungun bermarga Purba Dasuha. (baca)