Breaking News

Ultah Medan

Medan, (Analisa)

Medan Fair 2006 merupakan salah satu upaya mempromosikan potensi sumber daya dan produk unggulan Sumatera Utara, budaya daerah serta sebagai arena rekreasi tingkat provinsi maupun hiburan. Dengan demikian seluruh Pemkab/Pemko se Sumatera Utara paling tidak dapat memanfaatkan arena Pekan Raya Sumatera Utara dua kali dalam setahun untuk mempromosikan dan memamerkan potensi sumber daya, produk unggulan serta seni budaya dari daerah masing-masing.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara Drs Rudolf M Pardede diwakili Sekdaprovsu Drs Muchyan Tambuse, MM membuka secara resmi stand pameran Medan Fair 2006, Jumat (1/9).

Pembukaan yang dihadiri kepala daerah se-Sumut antara lain Bupati Serdang Bedagai Ir HT Erry Nuradi MBA, Ketua Bappedasu Drs RE Nainggolan, Para Asisten Pemprovsu dan Pemko Medan serta undangan lainnya ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekdaprovsu.

Dalam sambutannya Gubsu mengatakan, Medan Fair 2006 yang diselenggarakan selama 17 hari merupakan kalender tetap tahunan Kota Medan yang dikaitkan dengan hari jadi ke-416 Kota Medan yang diselenggarakan Pemko Medan bekerjasama dengan Yayasan Pekan Raya Sumatera Utara serta pelaksana PT Star Indonesia dengan dukungan dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dikatakannya, terkait dengan momentum ulang tahun ke-416 Medan, mari kita manfaatkan event ini untuk mengevaluasi program pembangunan yang dilaksanakan selama ini, sambil terus meningkatkan kerjasama secara sinergis, guna lebih memacu gerak pembangunan Kota Medan di segala bidang sebagai landmark dan ibukota provinsi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, lanjutnya minat peserta sektor swasta Medan Fair 2006 juga meningkat terutama usaha menengah dan kecil.

Diungkapkannya, di samping kegiatan pameran dan arena rekreasi, Medan Fair juga akan menyajikan pagelaran kesenian kebudayaan kabupate/kota se Sumatera Utara.

“Pagelaran kesenian kebudayaan ini merupakan upaya pelestarian dan pengembangan kesenian kebudayaan daerah sebagai daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara di samping potensi keindahan alam lainnya,” kata Gubsu.

KERJASAMA TERPADU

Walikota Medan Drs H Abdillah Ak MBA dalam sambutannya mengatakan Medan Fair 2006 merupakan kerjasama terpadu antara pemerintah Kota Medan dengan PT Star Indonesia yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara melalui Yayasan Pekan Raya Sumatera Utara serta dukungan kabupaten/kota Sumatera Utara.

Karena itu atas nama pemerintah Kota Medan walikota menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi besar demi terselenggaranya event ini.

“Kami perlu mempertegas bahwa Medan Fair 2006 merupakan event akbar milik masyarakat Sumatera Utara dan juga kebanggaan bagi warga Kota Medan sehingga menjadi milik kita semua,” ujar walikota.

Untuk itu event ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mendorong agar Medan Fair 2006 dapat terselenggara secara baik, aman, tertib dan lancar sehingga benar-benar dapat menjadi pesta budaya, pusat rekreasi dan media pameran yang berdaya guna serta berhasil guna.

JANGKAU PASAR

Di samping itu, melalui promosi dan publikasi yang berskala besar dan terus menerus berbagai produk yang dihasilkan diharapkan dapat menjangkau pasar yang luas dengan pengenalan produk yang baik oleh konsumen.

Selanjutnya sebagaimana tahun lalu, Medan Fair tahun 2006 ini digagas dalam tiga fokus pokok, yaitu sebagai wahana pesta budaya, sarana rekreasi, dan arena pameran produk.

Sebelumnya Ketua Panitia Iskandar mengatakan, Medan Fair menargetkan pendapatan sebesar Rp32 milyar dari transaksi jual-beli maupun tiket masuk dalam kegiatan yang berlangsung mulai 1-17 September 2006.

"Target itu naik 100 persen dari target tahun lalu sebesar Rp16 milyar yang kemudian realisasinya mencapai Rp20 milyar," kata Direktur Utama PT Star Indonesia yang dipercaya Pemko Medan sebagai pelaksana kegiatan tahunan daerah itu.

Iskandar menambahkan untuk lebih memeriahkan stand pameran Medan Fair ini akan menghadirkan puluhan artis dari ibukota. Turut juga memberikan sambutan Ketua DPRD diwakili Wakil Ketua DPRD Medan Zulfan. (bara/foto: said)

Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini