Breaking News

Bandara Sibisa Tobasa Resmi Beroperasi

Nov 16, 2006 at 08:25 AM

Tobasa (SIB)
Setelah 61 tahun Indonesia merdeka, akhirnya Bandara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa secara resmi beroperasi dengan dimulainya penerbangan perdana Susi Airlines rute Polonia Medan-Sibisa Ajibata disaksikan Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus, Muspida, pimpinan BUMN dan BUMD serta pimpinan perusahaan swasta, Rabu (15/11).



Pimpinan Susi Airlines Susi, menyampaikan, kehadiran Susi Airlines rute Polonia Sibisa dapat mempersingkat perjalanan masyarakat Tobasa maupun wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Mempergunakan fasilitas Susi Airlines jarak tempuh Medan-Tobasa hanya memakan waktu 20 menit dengan biaya Rp 270.000 per orang.

Dikatakannya, rute penerbangan Polonia Sibisa terhitung sejak 25 November 2006 sampai Februari 2007, Susi Airlines resmi berangkat pukul 17.10 WIB dari Bandara Polonia Medan dan tiba di Bandara Sibisa pukul 17.30 WIB. Kemudian setelah beristirahat selama 10 menit, Susi Airlines kembali berangkat dari Bandara Sibisa pukul 17.40 WIB menuju Polonia tiba pukul 18.10 WIB.

Jadwal penerbangan rute Polonia-Sibisa pada 17 dan 18 November 2006 berangkat pukul 12.30 WIB, 19 November 2006 berangkat pukul 14.30 WIB, 21 November 2006 berangkat pukul 15.10 WIB, 24 November 2006 berangkat pukul 13.10 WIB. Sepuluh menit setelah beristirahat di Bandara Sibisa, Susi Airlines kembali berangkat ke Bandara Polonia. Tidak ada jadwal penerbangan pada 20 dan 22 November 2006. “Satu kilometer runway bandara Sibisa membawa Tobasa ke dunia dan dunia ke Tobasa,” ujar Susi.

Sementara itu, Bupati Tobasa Monang Sitorus mengatakan, pengoperasian Bandara Sibisa merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melakukan perubahan dan peningkatan transportasi. “Setelah 61 tahun Indonesia merdeka, akhirnya Bandara Sibisa dapat beroperasi untuk melayani masyarakat. Ini merupakan goresan sejarah,” ujarnya.

Kadishub Tobasa Sabam Simangunsong menyampaikan pelayanan tiket pesawat Susi Airlines rute Sibisa-Polonia untuk sementara waktu dapat membeli dan menghubungi kantor Dinas Perhubungan Tobasa di Balige dan kantor cabang Dinas Perhubungan di Ajibata.

Penerbangan perdana Susi Airlines di Bandara Sibisa sebelumnya diwarnai dengan acara kebaktian secara agama Kristen yang sekaligus melakukan doa syafaat. Selanjutnya tokoh adat Tobasa, St OF Pardede, melakukan acara adat saat akan memberangkatkan Susi Airlines menuju Medan dengan memanahkan “Sambilu” sebagai tanda keselamatan bagi Susi Airlines.

Sementara, Kadis Pendapatan Albert Marpaung dan Kadis Pariwisata Laurensius Sibarani diberi kesempatan sebagai penumpang pertama Susi Airlines menuju Medan. Duapuluh menit kemudian Kadis Pendapatan kepada SIB, melalui telepon selular, mengakui merasa nyaman saat berada di pesawat Susi Airlines. “Sangat nyaman dan tepat waktu tiba di Polonia, hanya 20 menit,” ujarnya.