Breaking News

Humbahas Apresiasi Kontraktor Jujur

Bupati Humbahas: Kontraktor yang Bekerja Baik Diprioritaskan Dapat Pekerjaan

Nov 05, 2006 at 09:14 AM
Doloksanggul (SIB)

Kondisi saat ini banyak pengusaha konstruksi di Humbahas yang baru “lahir” sehingga perlu diberikan pembinaan dan pembelajaran demi baiknya pembangunan di Humbahas menuju Humbang Hasundutan Mandiri dan Sejahtera. Hal itu dikatakan Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Rabu (1/11) di Hotel Asima Doloksanggul saat pembukaan Pelatihan Pembinaan Jasa Konstruksi Kabupaten Humbahas tahun 2006.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini untuk menambah wawasan, pemahaman dan pengalaman dalam jasa konstruksi sehingga para kontraktor berupaya meningkatkan kualitas pekerjaan di lapangan. Kontraktor harus penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaku pembangunan. Karena setiap proyek yang dikerjakan bukan hanya berguna bagi pemerintah dan kontraktor itu sendiri tapi untuk keperluan masyarakat luas Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Selama ini kontraktor selalu terfokus mencari keuntungan saja tanpa mempertimbangkan kualitas pekerjaan. Berdasarkan pengamatan di lapangan, banyak bahan bangunan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pekerjaan di lapangan masih jauh dari yang diharapkan. Untuk mengevaluasi kinerja para kontraktor tim monitoring kabupaten akan segera turun ke lapangan. Dinas terkait dalam hal ini Pekerjaan Umum (PU) pun harus tanggap dan perlu melakukan pengawasan ketat sehingga semua pembangunan di Humbahas harus berkualitas. Tapi bukan hanya PU yang bertanggungjawab namun semua dinas yang ada kaitannya dengan proyek pembangunan. Berkaitan dengan itulah maka pelatihan jasa konstruksi dilaksanakan.

Dikatakan, kualitas kontraktor, sangat penting mengingat persaingan yang semakin ketat. Tidak ada larangan bagi pengusaha dari luar untuk mendapatkan pekerjaan di Humbahas. Jika kontraktor lokal mampu melakukan setiap pekerjaan di daerah ini untuk apa harus menerima kontraktor dari daerah lain. Hasil pekerjaan para kontraktor atau rekanan, Pemkab Humbahas melalui tim monitoring sudah melakukan penilaian. Bagi kontraktor yang bekerja dengan baik, yang bertanggungjawab secara kualitas dan administrasinya baik, akan diprioritaskan mendapat pekerjaan di Humbahas ke depan.

Bagi yang tidak baik akan diberikan peringatan bahkan harus diblacklist. Turut hadir dalam pelatihan itu Kapolres Humbahas, AKBP GP Hutajulu SH, Kadis PU Ir Parlaungan Lumbantoruan. Sedangkan dari para rekanan di antaranya Ketua Gapeksindo Humbahas Bimes Simamora, Direktur CV Marsiurupan Birma Sinaga SE dan lainnya.

Ketua Panitia Kabag Pembangunan Humbahas Drs Oberlin Tobing, dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak Rabu (1/11) dan Kamis (2/11) 2006. Sebagai penceramah dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah Pempropsu yaitu TM Pardede BSc, Ir Murniati Pasaribu dan Juara Pangaribuan MBA, Kamis (2/11) pembicara dari Dinas PU Pempropsu dan Biro Pembangunan Sumut di antaranya Ir H Nainggolan.

Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini