Breaking News

100 Juta Per Desa: Akankah Rakyat Di Huta Menikmatinya {?)

16 Feb 07 10:26 WIB
Pemerintah Siapkan Rp100 Juta Per Desa

Jakarta, WASPADA Online
Pemerintah pada tahun ini merencanakan program Pengentasan Kemiskinan (Taskin) untuk masyarakat pedesaan dengan mengalokasikan anggaran Rp100 juta per desa.

Menteri Pertanian, Anton Apriyantono di Jakarta, Jumat menyatakan, program Taskin tersebut rencananya akan dilaksanakan di 70 ribu desa di Indonesia sehingga diperkirakan memerlukan Rp7 triliun. "Program ini mungkin nanti seperi program Banpres (Bantuan Presiden) yang dulu pernah dilaksanakan," katanya usai melakukan pelepasan Pemandu Teknologi Prima Tani Tahun 2007 dan Sosialisasi UU No. 16 tahun 2006 Tentang Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Mentan menyatakan, saat ini tingkat kemiskinan dan pengangguran di pedesaan sangat tinggi sehingga diperlukan upaya menciptakan lapangan kerja bagi warganya.

Dari warga desa yang menderita kemiskinan tersebut, tambahnya, terbesar dari kalangan buruh tani yang mana tingkat pendapatannya hanya Rp10.000-Rp12.000 per hari. "Masalahnya masa tanam kan terbatas sehingga buruh tani tidak bisa setiap hari mendapatkan pekerjaan," katanya. "Oleh karena itu perlu ada multi usaha di desa sehingga mampu menciptakan lapangan kerja," katanya.

Anton menyatakan, untuk mengatasi hal itu Presiden telah memikirkan perlunya dilakukan program gerakan pengentasan kemiskinan (Taskin) di pedesaan. Menyinggung penyaluran maupun realisasi Taskin tersebut, dia menyatakan, masih akan dibicarakan lebih lanjut. "Kita berharap Taskin di pedesaan ini bisa dilaksanakan pada 2007," katanya.