Breaking News

Mamele Dan Pelebegu

Catatan Perjalanan

Banyak cerita rakyat yang menarik untuk didengar. Apalagi bagi anda yang menyukai cerita-cerita khas daerah. Memang cerita tersebut tidak dapat dibuat sebagai pegangan. Namun, membayangkan latar belakang cerita tersebutlah yang mengasikkan.



Salah satu yang pernah saya dengar adalah ritual mamele begu yang dilakukan oleh masyarakat animist di Tanah Batak. Sekarang ini pastinya ritual itu sudah jarang dilakukan.

Sebab pertama saya tahu cerita itu adalah, saat perjalanan ke Medan dari kampung saya melewati Dolok Sanggul. Setelah singgah sebentar di Dolok Sanggul, bus umum yang saya tumpangi berangkat ke Medan sekitar pukul 10.00 pagi. Kira-kira setengah jam perjalanan, saya tiba-tiba ingin buang air kecil karena Dolok Sanggul memang sangat dingin bila dibandingkan kampung saya. Bersambung