Breaking News

TNI AL Dan ITS Kembangkan Kapal Laut Siluman

Kamis, 21/06/2007 21:33 WIB
ITS Kembangkan Alutsista Kapal Patroli TNI AL Cetak E-mail


JAKARTA - Institut Tekhnologi 10 November Surabaya (ITS) akan melakukan pengembangan beberapa teknologi alutsista seperti pembuatan kapal-kapal patroli cepat dan tekhnologi siluman untuk TNI AL. Karena itu, penting bagi ITS melakukan kerjasama dengan Mabes TNI AL sebagai upaya pendidikan dan latihan bersama untuk mengembangkan sistem radar, dan alat persenjataan lainnya.

“Kordinasi dalam bentuk perjanjian kerjasama ini penting sebagai upaya pemantapan para peneliti dan perancang kapal-kapal dan alat persenjataan lainnya untuk mengembangkan alat simulasi pertempuran laut,” ujar Rektor ITS Prof. Ir. Priyo Suprobo di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta, Kamis (21/6/2007).

Selain melakukan pengembangan-pengembangan, pihaknya juga terus berupaya melakukan riset terhadap pengembangan teknologi maritim antara lain pengembangan teknologi siluman.

“Untuk kerja sama ini kami mengembangkan bersama dengan Sekolah Staf dan Komando AL (Seskoal) dan diharapkan akan dapat terwujud dalam dua tahun ke depan,” kata nya.

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Slamet Soebijanto mengatakan, TNI AL dan ITS sudah lama sekali mengembangkan tekhnologi perkapalan yang akan mendukung tugas angkatan laut untuk mendukung alat pertempuran laut.

“Kerjasama ini penting untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan kemandirian dalan pengembangan teknologi militer dalam negeri, serta meningkatkan kemandirian

pengembangan industri dalam negeri," ujarnya.

Slamet melanjutkan, ke depan pihaknya dan ITS akan terus mengembangkan beberapa teknologi lainnya seperti pembuatan kapal-kapal patroli cepat melalui pendidikan dan latihan bersama, sistem radar, dan alat-alat persenjataan lainnya yang tidak kalah dengan buatan luar.