Breaking News

Siapa Capres Yang Mampu Memindahkan Ibukota

Haruskan ibukota Jakarta dipindahkan???? Itulah pertanyaan atas wacana perpindahan ibukota dahulu kala. Sebenarnya jawabannya 80 persen harus. Pertama alasannya adalah untuk melestarikan Jakarta itu sendiri. Bila ibukota (pusat pemerintahan) tdk dipindahkan 5 tahun lagi jumlah penduduk Jakarta akibat urbanisasi munkin melebihi 20 juta. Jakarta dengan lahan yang sempit dan langganan banjir tersebut udah tidak layak huni.

Alasan kedua selain untuk melestarikan Jakarta adalah bahwa memindahkan ibuota adakalanya menjadi solusi berbagai masalah di Indonesia. Bagi banyak kalangan Jakarta itu ibarat pentas drama. Sehingga banyak konflik-konflik yang tidak ada manfaatnya sengaja diciptakan agar menarik perhatian. Sehingga potensi ekonomi menjadi sangat-angat terganggu. Dengan memindahkan ibukota misalnya ke Kalimantan, Indonesia dapat merancangnya dari awal dan membangun sebuah kota mandiri semisal Putrajaya dan Dubai. Lebih lengkapnya mengenai argumentasinya lihat di sini atau di sini atau di sini.

Bila ibukota dipindahkan, agar memudahkan administrasi tidak salah kalau nama kota terebut tetap Jakarta atau New Jakarta. Seperti halnya Delhi dan New Delhi. Tempat yang paling pas adalah Kalimantan yang letaknya pas ditengah. Walau ada juga yang menganjurkan di Lampung, Sulawesi atau mungkin saja di Papua. Pulau Jawa harus diselamatkan dari overpopulasi sehingga perpindahan ibukota, adalah sangat urgent, mengarah pada pergeseran baru ke arah keseimbangan populasi Indonesia. Jakarta lama akan tetap menjadi financial capital of Indonesia

Jadi adakah Capres yang siap ditantang untuk memindahkan Ibukota (pemerintahan) ke Kalimantan???? Ayo ada Capres yang berani angkat tangan!!!!