Breaking News

Eksplorasi Mars Tiongkok akan Dimulai dari Desa Simulasi di Tibet

HUMBAHASTIMES -- Badan antariksa Tiongkok sedang membangun sebuah simulasi Mars di Bumi untuk mempersiapkan sebuah misi ke planet merah dan berfungsi sebagai objek wisata. Gurun negara yang tidak ramah di dataran tinggi Tibet, di provinsi Qinghai barat, telah dipilih sebagai wilayah paling mirip Mars di Tiongkok.

“Desa Mars” – seperti yang diproyeksikan oleh kepala proyek – akan dibangun di Cekungan Qaidam, area yang digambarkan sebagai “hiperarid” karena betapa sedikit hujan turun di sana. Tapi area di sekitar dasarnya adalah pelangi fitur geografis termasuk pegunungan, sungai, danau dan padang rumput, menjadikannya magnet bagi ilmuwan geografis.


Liu Xiaoqun, direktur General Office of Lunar and Deep-Space Exploration di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, mengatakan kepada media Tiongkok bahwa dia berharap Desa Mars akan menyuntikkan kehidupan baru ke dalam “industri budaya” kawasan itu.

Pengunjung akan dapat mempelajari mata pelajaran termasuk meteorologi, geografi, aerospace, energi baru, geologi dan astronomi.

Tidak disebutkan eksperimen apa yang akan dilakukan di lokasi tersebut untuk mempersiapkan sebuah misi Cina akhirnya di Mars akhir abad ini.

Administrasi Antariksa Nasional Cina diperkirakan merencanakan misi yang belum dibuka ke Mars sampai tahun 2033 dan menjalankan misi antara tahun 2040 dan 2060. (Sumber)