Breaking News

PTPN III Bantu Samosir

PTPN III Berikan Bantuan Mobiler Sekolah Rp265 Juta ke Pemkab Samosir

Friday, 08 September 2006
Samosir (SIB)

Untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Samosir harus dibarengi
dengan pembangunan SDM. Dalam kehidupan kita juga sudah menganut kompetisi SDM sehingga terbentuklah budaya. Kompetisi SDM ini yang harus diterapkan untuk mengejar ketertinggalan pembangunan di Kabupaten Samosir.

Hal itu dikatakan Dirut PTPN III H.Drs Akmaluddin Hasibuan di Pangururan Kabupaten Samosir, Kamis (7/9). Kehadiran Akmaluddin beserta rombongan dari PTPN III di Samosir sekaitan dengan pemberian bantuan ke sektor pendidikan senilai Rp265.750.000,-.

Bantuan yang diberikan berupa mobiler sekolah untuk SD dan SMP di 9 kecamatan yang ada di Samosir. Melalui Kabag Kemitraan dan Bina Lingkungan PTPN III, Ir.Lumongga Siagian berharap penyaluran bantuan berupa kursi, meja, lemari buku dan papan tulis itu tidak tumpang tindih dengan program Pemkab Samosir.

Kegiatan kita hari ini merupakan program kemitran dan bina hubungan dengan Pemkab Samosir. Bantuan mobiler ini sesuai SK Menteri BUMN No.236 Tahun 2006 tanggal 17 Juni 2003. Bantuan ini kami harapkan disalurkan tidak tumpang tindih dengan program Pemkab Samosir yang mungkin sama, kata Lumongga.

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan, PTPN III telah memberikan pelatihan kepada perajin Eceng Gondok dan Pandan di Samosir mulai tanggal 4 sampai 6 September lalu. Dari beberapa perajin akan dilakukan seleksi dan akan diangkat menjadi mitra PTPN III atau diberikan pinjaman lunak.

Selain memberikan bantuan berupa mobiler sekolah, Akmaluddin juga berjanji akan memberi bantuan bibit Jarak. Secara ringkas dijelaskan kegunaan bibit Jarak sebagai pengganti bahan bakar diesel. Tidak tanggung-tanggung, PTPN III juga berjanji akan memberikan bantuan berupa mesin pengolah buah Jarak menjadi bahan bakar.
Sebelum penyerahan bantuan secara simbolis tersebut, rombongan Dirut PTPN III terlebih dahulu disambut secara adat budaya Batak. Di Samosir, Akmaluddin dan rombongan diberi seperangkat pakaian adat Batak. Khusus kepada Akmaluddin juga diberikan tongkat kebesaran orang Batak, Tunggal Panaluan. Sebaliknya, Bupati dan Ketua DPRD juga mendapat cenderamata dari PTPN III. Tidak lupa 4 perajin juga mendapat sertifikat yaitu Mangoloi Sitanggang, James Silalahi, Else Manik dan Maniar Sinurat.

Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon dan ketua DPRD Samosir Jhonny Naibaho dalam sambutannya senada mengucapkan terimakasih kepada PTPN III. Acara pemberian bantuan dari PTPN III itu dihadiri unsur Muspida dan seluruh jajaran di Pemkab Samosir. (MDS/e)

Sumber: Hariansib.com

Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini