Breaking News

Raskin Mahal Karena Oknum

Banyak Oknum-oknum Minta Jatah, Harga Raskin Naik 75 Persen di Langkat

30 September 2006 jam 09:56
Langkat (SIB)

Warga miskin di Desa Padangtualang Kabupaten Langkat “menjerit” akibat
tingginya harga jual beras raskin. Beras miskin yang dijual kepada warga masyarakat di Desa tersebut mencapai Rp 1.750/Kg padahal harga Raskin yang ditetapkan pemerintah hanya Rp.1000/Kg.

Selain tingginya harga Raskin, warga juga mengeluhkan tata cara pendistribusian yang dilakukan pihak kecamatan dan pihak Kades yang berada di Padang Tualang. Penyaluran beras Raskin yang diterima warga setiap bulannya mencapai 10/Kg untuk satu KK (Kepala Keluarga) kini hanya mendapat jatah 4 Kg/KK.

‘’Beras Raskin untuk keluarga miskin ini tidak sesuai dengan harganya. Bahkan harga Raskin yang dijual Pemda Langkat kepada masyarakat miskin seperti kami-kami ini mencapai Rp.1750/Kg sehingga sangat memberatkan,” ujar Sopyan warga Padang Tualang,Kamis (27/9).

Kades Padang Tualang, Satimin ketika dimintai tanggapanya seputar tingginya harga beras Raskin di daerahnya mengatakan bahwa penyebabnya karena banyaknya oknum-oknum yang meminta “jatah”.

Tingginya harga beras raskin itu juga diakui anggota BPD Desa Padang Tualang, M Ali Nasution. Dirinya mengaku diberi uang capek senilai Rp 100 untuk perkilogramnya. Menurut penilaiannya harga beras raskin itu dapat ditekan seharga Rp 1500/Kg. ” Kalau dihitung, dengan harga Rp 1500/kg saja semua perangkat desa sudah dapat jatah dari nilai tersebut, apalagi sampai Rp 1750/Kg,” ungkapnya heran.

Sementara itu Kepala Kecamatan Padangtualang Drs Basrah ketika dikonfirmasi wartawan,Kamis (28/9) seputar jatah Rp.150 untuk setiap Kg yang diminta pihaknya tidak bersedia memberikan keterangan. “Sebentar ya, saya lagi ada rapat dan rapat ini tidak bisa ditunda,” tegasnya lebih lanjut.

Kabag Perekonomian Pemkab Langkat Drs Sujarno ketika dihubungi, Kamis (28/9) di ruang kerjanya mengaku sangat terkejut dengan tingginya harga beras raskin di Padang Tualang. Ia juga berjanji akan segera mengusut masalah tingginya harga beras raskin tersebut. ‘’Kalau memang harga beras raskin Rp 1.750/Kg di Padangtualang, itu merupakan harga raskin tertinggi di Langkat,” ujarnya.

Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini