Breaking News

Perajin NTB Promosi ke Jakarta

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nusa Tenggara Barat mengirim delapan perajin untuk mengikuti Pameran Produk Nusa dan Produk Dalam Negeri yang akan berlangsung di komplek Monas, Jakarta, mulai 26-29 September 2014.

"Perajin yang kami kirim ada yang memproduksi produk olahan, kerajinan tenun dari Pulau Lombok dan Sumbawa dan kerajinan tangan dari bahan baku rotan dan ketak serta produk batu dan mutiara," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag NTB Endang Khairuddin, di Mataram, Rabu.

Menurut dia, kegaitan pameran pangan nusa dan produk dalam negeri tersebut merupakan agenda tahunan Kementerian Perdagangan untuk mempromosikan produk usaha kecil menengah (UKM).

Dalam kegiatan tahun ini akan dipamerkan produk buah dan sayur lokal segar, kuliner terbaik dari 34 provinsi, kopi unggulan Indonesia, jajanan dan kuliner khas nusantara.

Panitia penyelenggara juga akan memamerkan produk Indonesia yang mendunia dari 34 provinsi, seperti busana, alas kaki kulit dan produk kulit, furnitur, perhiasan, berbagai jenis kerajinan dan aksesoris.

Selain itu, akan ada juga demo masak besama koki terkemuka dan final lomba masak makanan dan minuman khas daerah serta penganugerahan UKM Pangan Award 2014.

Endang mengatakan, pemerintah daerah berkewajiban memfasilitasi para perajin untuk mengikuti berbagai kegiatan pameran sebagai sarana promosi produk mereka.

Melalui kegiatan pameran pangan nusa dan produk dalam negeri tersebut diharapkan berbagai produk pangan olahan dan kerajinan NTB hasil industri kecil dan menengah (IKM) bisa dikenal luas masyarakat Indonesia.

"Kami berharap melalui momen pameran itu para perajin dari NTB tidak hanya mempromosikan produknya sehingga laku terjual, tapi juga bisa menjalin kemitraan dengan para pelaku usaha dari daerah lain," ujarnya. (antara)