Breaking News

Putin Dipastikan Hadiri Pertemuan Asia-Eropa

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menegaskan bahwa ia akan menghadiri KTT Asia-Eropa (ASEM) di Italia bulan depan dalam apa yang akan menjadi pertemuan pertamanya dengan para pemimpin Barat sejak krisis Ukraina mendalam secara dramatis musim panas ini.

"Dia telah mengkonfirmasi akan datang," kata seorang pejabat pemerintah Italia kepada AFP Rabu.

Italia menjadi tuan rumah KTT 16-17 Oktober di Milan karena saat ini memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa.

Putin bertemu dengan Presiden AS Barack Obama dan para pemimpin Barat lainnya pada peringatan D-Day di Prancis pada awal Juni tetapi tidak ada pertemuan tatap muka sejak itu.

Pemimpin Rusia telah memilih untuk tidak menghadiri Majelis Umum PBB pekan ini di New York dan berencana untuk mengadakan pertemuan puncak bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebelum akhir tahun telah disimpan karena friksi-friksi atas sanksi-sanksi terhadap Moskow.

Italia mengharapkan ASEM akan dihadiri oleh antara lain Kanselir Jerman Angela Merkel, yang biasanya memimpin kontak-kontak Barat dengan Putin, Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri China Li Keqiang.

Malaysia akan menjadi salah satu negara yang diwakili di pertemuan puncak itu.

Pemerintah masih menyelidiki jatuhnya Penerbangan MH17 Malaysia Airlines Juli lalu dari langit di atas Ukraina yang mengakibatkan 298 orang meninggal.

Musim panas ini telah melihat klaim penyerangan ke Ukraina oleh pasukan biasa Rusia dan lonjakan tajam atas jumlah orang yang meninggal dalam konflik itu.

Menurut Dewan HAM PBB, jumlah korban tewas meningkat 11 orang per hari sejak pertengahan April hingga pertengahan Juli, melonjak sampai 36 orang per hari pada bulan berikutnya dan mencapai puncak 42 per hari sebelum gencatan senjata 5 September.

Lebih dari 3.500 orang kini telah tewas sejak krisis meletus awal tahun, setelah pemilihan pemerintahan pro-Eropa di Ukraina dan aneksasi Rusia atas Krimea. (antara)