Breaking News

Samsung Rancang Gear VR Tercanggih

HUMBAHASTIMES -- Setelah Gear VR yang digarap Samsung bersama Oculus, kini pabrikan asal Korea Selatan itu disebut tengah menggarap perangkat virtual reality (VR) sejenis yang lebih canggih.

Berbeda dengan Gear VR yang tetap membutuhkan smartphone tertentu, perangkat VR anyar ini akan bisa berdiri sendiri, karena sudah dilengkapi dengan 'otak' sendiri, lengkap dengan layar dengan kepadatan pixel yang tinggi.

Layar itu sendiri kabarnya dibuat oleh Samsung Display, yang diminta untuk mengembangkan Fine Metal Mask (FMM) dengan kepadatan 2.000 pixel per inch (PPI) untuk Gear VR anyar, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (22/6/2017).

FMM sendiri adalah komponen yang digunakan di layar OLED dan punya peran penting dalam kuantitas dan distribusi pixel. Samsung pun kabarnya tengah mengembangkan layar OLED dengan resolusi super besar untuk perangkat VR. Layar Ini disebut 1000 kali lebih responsif ketimbang layar LCD biasa.

Jika benar Samsung bisa memproduksi layar dengan kepadatan pixel 2.000 ppi, artinya mereka bisa menyalip Oculus Rift yang kepadatan layarnya hanya 460 ppi, yang merupakan tertinggi di pasaran saat ini.

Meski sebenarnya banyak peneliti yang menganggap kalau mata manusia tak bisa membedakan detail layar dengan kepadatan di atas 300 ppi. Meskipun ada juga yang menganggap kalau kepadatan layar tinggi itu diperlukan untuk menghilangkan efek pusing dan mual saat menggunakan perangkat VR. (sumber)