Breaking News

[Video] Bupati Humbang Hasundutan Hadiri Open House Idul Fitri di Rumah Buya Ali Akbar Marbun

Buya Ali Akbar Marbun, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dan Ketua Harian Yayasan Mahmun Syarif Marbun (proposed) H. M. Yusuf Marbun, MA (pakai pakaian putih)
HUMBAHASTIMES -- Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, hadiri acara open house Idul Fitri 2017 di rumah Buya Ali Akbar Marbun di Jalan Pelajar Timur 264 Medan, Sumut, (25/6).

Dalam kesempatan tersebut, Bpk Bupati dan Buya sempat mempersembahkan sebuah lagu secara bersama.

Hadir dalam kesempatan tersebut berbagai kalangan masyarakat termasuk keluarga besar kakanda Buya, H. Op. Sardina doli dan boru.

Buya Ali Akbar Marbun merupakan putra daerah Humbang Hasundutan yang lahir di Siniang Pakkat. Dia juga merupakan sesepuh marga Marbun se-dunia dan pendiri gedung monumen Bagas Parsadaan Toga Marbun di Bakkara.

Pada hari pertama Ramadhan, adik dari Buya, Jureman Marbun atau akrab disapa Mahmun Syarif Marbun ketika belajar di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, kembali ke rahmatullah tepatnya 27 Mei 2017.

Bupati bersama Buya datang melayat ke Pakkat ke rumah keluarga almarhum sebelum dimakamkan di Siniang, seperti di foto di atas.

Keluarga besar kehilangan sosok Pakkat yang suka membantu sesama dan sedikit banyak ikut berpartisipasi membangun Pakkat.

Untuk itu anaknya ke-3 Julkifli Marbun, MA, menggagas dua lembaga untuk mengenang dan meneladani legasinya, pertama Yayasan Mahmun Syarif Marbun, yang akan bergerak dibidang kemanusiaan, operasional harian dipimpin adiknya M. Yusuf Marbun, MA, dan PKBM Pakkat Centre of Excellence, yang dipimpin oleh Julkarnaen. Kedua lembaga ini sedang dalam proses pendirian.

Semua anak-anaknya merupakan lulusan Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumut, yang diasuh oleh Buya Ali Akbar.

Bersama Buya, Julkifli Marbun pernah menjabat sebagai Anggota Penasihat Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) di era DR Marhaban Sigalingging, ketua sebelum H Albiner Sitompul, sedangkan Buya di bidang tokoh keagamaan yang di awal 2017 menjamu Presiden Joko Widodo mendirikan titik nol Islam Nusantara di Barus, Tapanuli Tengah.