Breaking News

Gebrakan Terbaru, Jokowi Instruksikan Impor Barang tak Strategis Dihentikan

ilustrasi
HUMBAHASTIMES -- Presiden menginstruksikan impor barang tak strategis dihentikan. Langkah itu diperlukan demi memperkuat cadangan devisa dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

"Saya minta evaluasi detail impor barang yang tak strategis. Kita setop dulu atau kurangi," tegas Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 31 Juli 2018.

Kepala Negara mendorong industri barang subtitusi produk impor terus dikembangkan. Dia juga mengingatkan penerapan kebijakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

"Dua tahun lalu kita bicarakan, tapi implementasinya ada yang masih setengah-setengah," ucap eks wali Kota Solo itu.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta mandatori pemakaian biodiesel segera dijalankan. "Data yang saya terima, berpotensi menghemat besar sekali," ucap dia.

Jokowi juga memerintahkan jajarannya melihat detail produk apa saja yang harus diperkuat pada sektor ekspor. Para menteri juga diharuskan menangani hambatan eksportir di negara tujuan.

"Situasi negara saat ini butuh dolar. Karena itu saya minta seluruh kementerian lembaga tidak ada main-main menghadapi ini. Saya enggak mau lagi bolak-balik rapat tapi implementasi enggak berjalan baik," tegas Jokowi. (sumber)