Breaking News

Zulkarnain Damanik Dukung Christian Confrence Of Asia

Pemkab Simalungun Persiapkan 400 Prasasti Berbiaya Rp240 Jt Dukung Kegiatan CCA di Parapat
Feb 20, 2007 at 08:15 AM
Simalungun (SIB)

Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM, Senin (19/2) menginstruksikan seluruh Satker (Satuan Kerja)di jajaran Pemkab Simalungun mendukung kelancaran kegiatan CCA di Parapat. Secara khusus diminta melakukan gerakan kebersihan di sepanjang jalan Pematangsiantar-Parapat.

Sebagai tuan rumah pelaksanaan CCA, masyarakat diimbau turut berpartisipasi menciptakan suasana kondusif selama pelaksanaan kegiatan CCA.

“Sifat ramah tamah dan pemeliharaan kebersihan lingkungan akan memberikan petunjuk kepada peserta CCA bahwa daerah kita ini nyaman dan aman untuk dikunjungi. Sehingga dengan kesan yang diperoleh selama berada di Simalungun terutama di daerah pariwisata Parapat, para peserta CCA dari 26 negara secara tidak langsung maupun langsung diharapkan dapat mempromosikan Sumut merupakan salah satu daerah yang nyaman untuk dikunjungi,” kata Bupati.

Sementara itu, kadis Kehutanan Simalungun Ir Mahrum Sipayung MM, secara terpisah menyebutkan, rangkaian kegiatan CCA Pemkab Simalungun akan mempersiapkan 400 prasasti berbiaya Rp 240 juta, di antaranya 350 unit direncanakan ditandatangani peserta CCA dan 50 unit lainnya ditandatangani para tokoh Gereja, tokoh masyarakat dan unsur Muspida. Bangunan prasasti dikatakan akan menempel di setiap pohon yang ditanam orang bersangkutan.

Selain penanaman pohon, juga direncanakan pembangunan rumah doa, salib dan gapura merupakan sumbangan pihak ketiga di areal 5 Ha berlokasi di atas bebukitan di sekitar kawasan Danau Toba. Seluruh yang sudah dipersiapkan dikatakan merupakan bangunan permanen. Misalnya, pohon tidak akan ditebang tetapi tetap dibiarkan tumbuh dengan biaya perawatan diusulkan ditampung di dalam APBD Simalungun dan Provsu.
Jenis pohon yang dipersiapkan ditanam di lokasi tersebut dikatakan adalah jenis kelas satu seperti Mahoni, Mayang, Sappinur dan Meranti yang mampu bertahan hidup hingga ratusan tahun.