Breaking News

Iran Won 3 TdEJ Titles

Senin, 07 April 2008 00:19 WIB
Iran Rebut Tiga Gelar TdEJ
Surabaya, WASPADA Online

Tim Tabriz Petrochemical Iran, tampil mendominasi "Tour de East Java" (TdEJ) 2008, dengan berhasil merebut tiga gelar juara bergengsi, yang diakhiri etape V di Surabaya, Minggu (6/4).

Tiga gelar itu, yakni pimpinan umum perorangan (Yellow Jersey) melalui pembalapnya andalannya, Ghader Mizbani dan merebut juara raja tanjakan (Red Jersey/jaket merah) atas nama Hossein Askari.

Selain itu, Tim Tabriz yang diperkuat lima pembalap yaitu Ghader Mizbani, Hossein Askari, Ahad Kazemi, Hossein Jahanbanian dan Mehdi Portovi berhasil menyandang pimpinan (juara) lomba beregu.

Dominasi Tim Tabriz juga makin lengkap, melalui pembalap Ahad Kazemi tampil sebagai runner-up pimpinan umum perseorangan. Ghader merebut gelar jaket kuning pada etape IV dari tangan Taiji Nishitani (Aisan Racing Jepang), sedangkan Hossein Askari sejak awal menguasai Red Jersey (raja tanjakan).

Tim Tabriz merebut gelar pimpinan umum beregu pada etape III, yang direbut dari Skil Shimano Belanda. Satu-satunya gelar yang lepas yakni raja sprint atau Green Jersey, yang direbut pembalap L2A Malaysia Anuar Manan, yang direbut dari pembalap Doha Qatar, Abdelbaset Hannachi pada etape V, Minggu (6/5) di Surabaya.

"Kami memang sejak awal bertekad untuk merebut juara dan ternyata berhasil. Sayang, gelar green jersey' (raja sprint) lepas dari kami," kata manajer, Mohammad Zadeh Dariush.

Menurut dia, kunci kemenangan timnya itu, karena rute dan medan lomba TdEJ yang sangat disukai oleh Ghader Mizbani dkk, selain dibantu oleh cuaca dingin saat etape "neraka" Batu-Tosari, Sabtu (5/4).

Dominasi Tabriz Iran ini berbanding terbalik dengan prestasi pembalap lokal (Indonesia). Hanya Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya yang tampil mengejutkan dengan berhasil bercokol di peringkat kedua, unggul atas tim-tim tangguh seperti Giant Asia Racing Team Taiwan, Aisan Racing Team dan Skil Shimano Belanda.