Breaking News

Ternyata Film Indonesia Banyak ditonton di LN

Bila anda rajin kutak-katik satelit, cobalah mengarahkan satelit ke arah Arab. Beberapa stasiun TV di Iraq, Kurdistan maupun di Arab sendiri sering sekali memutar film seri Indonesia yang sudah lama ditayangkan di RCTI, SCTV dll. Aseli pakai bahasa Indonesia dan terjemahan text bahasa Arab. Sesekali ada iklan indo mie versi bahasa Arab.

Jangankan di situ, menurut orang sudah pernah ke India, televisi-televisi kabel di sana juga menyiarkan serial-serial TV Indonesia. Cakupannya memang tidak terlalu besar namun demand akan film Indonesia cukup tinggi. Beberaoa TV kabel di perbatasa Bangladesh, India, Myanmar bahkan mencakup RCTI, Indosiar, AnTV dll dalam salah satu menu channel yang mereka tawarkan. Selain gratis menangkap siaran tersebut dari palapa, mungkin juga kesamaan kultur pada ras astronesian di sana membuat TV dan serial Indonesia sangat digemari.

Di Sudan dan beberap negara lainnya juga mengalami hal yang sama. Pertanyaannya, pakah tidak ada survey yang menyeluruh atas perkembangan film dan serial TV di Indonesia. Kita tidak sadar bahwa ternyata film Indonesia itu telah mendunia. Baik itu karena penyeludupan, pembajakan maupun terang-terangan.